Monday, 11 May 2015

Terjatuh dan bangkit lagi


Ketika kamu jatuh(gagal), kamu harus bangkit kembali
Walau menyakitkan memang
Dari sini kamu dapat belajar agar tidak terjatuh(gagal) lagi
Memepersiapkan segalanya sebagai bekal dalam berjuang kembali
Jika kamu terjatuh(gagal) kembali, itu tandanya Tuhan sedang menguji mentalmu
Apakah kamu berputus asa atau tidak?, apakah kamu mampu bangkit dan berjuang kembali atau tidak? Apakah kamu mampu bersabar atau tidak?
Pelajaran yang berharga adalah pengalaman
Pengalaman2 yang kamu alami akan membentukmu menjadi pribadi yang lebih baik
Pengalaman2 mu akan membawa mu kepada keinginan yang kamu mau, keadaan yang lebih baik, jika kamu mau belajar dari pada itu.
Jika kamu selalu terjatuh (gagal) itu tandanya mentalmu semakin kuat
Jika kamu slalu terjatuh (gagal) itu tandanya Tuhan sedang mempersiapkan sesuatu yang besar dan indah buatmu
Tuhan tidak akan menguji hambanya diluar kemampuan hambanya
Tuhan tahu mana yang Terbaik buat mu
Yakinilah Masa-masa sulit yang kamu alami, suatu saat akan membawamu pada masa-masa yang indah dan Bahagia
Seperti kata Peribahasa “ Bersakit-sakit dahulu, Bersenang-senang kemudian”

BY. @noni_njd




REKRUTMEN PT PLN




Assalamualaikum...
Selamat datang di blog ku ini. Kali ini aku mau berbagi pengalaman ku mencari kerja di PLN dan semoga tulisanku ini bisa bermanfaat buat kalian yang mau ikut atau sedang menjalankan tes di PLN.
Waktu itu kakak aku kabarin kalo PLN lagi buka loker, dan untuk memastikannya aku coba cari infonya di internet dan benar PLN lagi buka rekrutmen umum tuk S1/D3 di beberapa kota di Indonesia, salah satunya kota Kupang, kesempatan yang bagus ni kalo bisa lulus dan menjadi pegawai PLN. Aku tak akan melewatkan kesempatan kali, menyiapkan berkas dan pergi ke kantor pos dan mengirimkannya ke PT PLN WIL. NTT.
Sekitar 2 minggu lebih menunggu hasil pun keluar. Waktu itu aku sedang mengetik tulisan memo di HP ku tulisannya begini “ Ya Allah semoga aku Lulus di PLN” beberapa jam kemudian sekitar jam 10 malam aku mendapat sms dari no. Yang tak dikenal setelah dibuka itu pesan dari PT PLN WIL NTT menyuruhku untuk melihat pengumuman rekrutmen tingkat S1/D3 di PLN Wil. NTT atau di situs pln www.pln.co.id  feelingku mengatakan kalo aku lulus. Esok harinya aku coba melihat pengumumanya di situs PLN dan jreng.....jreng..... namaku ada di urutan 199 ah... senengnya. Aku lalu memberitahu kakak dan ayahku kalo aku lulus adm. Pln dan berhak tuk ikut tes intelegensi pada tanggal 20 April 2015 di SPN, mereka turut senang dan berucap Alhamdulillah semoga ini akhir dari pencarianmu noni. Aamiin semoga saja.
Kebetulan yang lulus dari tingkat D3 rata-rata sealmamater denganku sama2 pernah berkuliah di PNK.  Ada senior, ada  yang seangkatan dan juga junior dari jurusan yang sama denganku maupun yang berbeda jurusan ya boleh dikata reunian anak2 Poltek lah. Kebetulannya lagi teman seangkatan dan sejuruasan sama aku (ADM. BISNIS) juga ada yang lulus dianataranya ada cory, fina, yayuk, nuna, dewe, MU, dan felpina. Kalo kata peribahasa sambil menyelam minum air, sambil ikut tes bisa sambil kangen2an juga + bernostalgia saat2 ujian semester. Heheheh
Aku lalu mempersiapkan diri dalam waktu 3 hari belajar soal-soal psikotes dan belajar kembali mata kuliah yang pernah didapat. O..ya aku akan paparkan tes-tes yang ada di PLN dan pengalamanku mengikuti tes tersebut.
1.     Seleksi Administrasi

Waktu yang diberikan pihak PLN untuk pengiriman berkas kira-kira sekitar 2 minggu dan berkas yang diminta ya sama kaya’ berkas lamaran pada umumnya yakni: surat lamaran, CV, F.C Ijazah dan Transkip yang dilegalisir, F.C KTP, foto warna 3x4 2 lembar, akte lahir. Trus di kirim deh via pos. Seminggu kemudian dari batas akhir pengiriman pengumuman hasil lulus adm. Pun sudah dapat diketahui. Aku pun lulus dalam tahap ini.

2.     Tes  intelegensi/ GAT (General Aptitude Test)
Dari 400 lebih orang yang mengirimkan berkas dan berhak mengikuti tes intelegensi pada tanggal 20 April 2014 di SPN ada sekitar 206 orang dan aku termasuk didalamnya. Dalam tes ini ada bagian-bagian soalnya (aku lupa ada berapa bagian tuh kalo nggak salah si diatas 5 bag.), berupa similariti (pandanan kata), logika matematika, Aritmatika, parsial/similariti objek, analogi gambar, cerita bergambar(jadi kita diminta mengurutkan cerita sesuai gambar yang ada) itu aja yang aku ingat. Semoga bisa membantu. Trus waktu yang diberikan di setiap bagiannya tu sekitar 9 menit (kalo nggak salah sih). Pas ngerjainnya tetap tenang ya n yakinkan diri kalo bisa mengerjakannya trus kalo nggak bisa jawab mending dikosongi saja lanjut ke soal berikutnya dari pada makan waktu mikirin 1 soal. Iya kan?
Pengumuman hasil tes langsung hari itu juga, selang beberapa jam dari tes hasil pun diumumin. Temanku mengabarkan kalo aku lulus dalam tahapan ini dan berhak ikiut tes selanjutnya. Puji syukur ku panjatkan, namun temanku yang memberi kabar, dia tak dapat mengikuti langkahku dan harus terhenti di tahapan ini.
3.     Tes Akademik dan Bahasa Inggris

Peserta yang lulus dalam tahapan ini sebanyak 104 orang dan dari kelompok D3 Manajemen hanya 3 orang yang berhasil lulus termasuk aku. Tes diadakan di hari berikutnya yakni tanggal 21 April 2015 di SPN di sini kami duduknya berdasarkan urutan nama dan kelompok s1 mesin, S1 elektro, S1 Sipil, S1 industri, D3 mesin, D3 elektro, D3 Sipil, dan D3 Manajemen. Biar pas ngumpulin kertas jawabannya gampang.

Tes pertama adalah Tes Akademik
Ada 50 soal akedemik, waktu yang diberikan selama 1 jam. Setiap jawaban yang benar +4 dan jawaban Yang salah -1 dan tidak menjawab 0. Jadi kalo mau jawab harus bener-bener yakin dulu biar dapet +4, kalo ragu mending nggak usah dijawab deh dari pada -1, iya kan?
O ya soal-soalnya tu seputar mata kuliah yang pernah kita dapat waktu masih ngampus yang pasti sesuai dengan jurusan masing-masing ya. Jadi pelajari kembali deh materi-materi kuliah yang pernah didapat.  Berhubung aku ngambilnya D3 manajemen jadi soalnya tu seputar manajemen, trus ada soal tentang cas flow/akuntansi, tentang biaya produksi, jumlah produksi, biaya pokok (manajemen produksi), pemasaran, tapi yang lebih banyak si menyangkut manajemen soal itung-itungannya sekitar 10 soal sisanya kita diminta tuk menganalisis soal/teori manajemen . 
Pas sampai di soal itung-itungan sumpah gelap parah deh, aku udah lupa sama rumus-rumus tuk hitung biaya produksi dan yang apalah apalah sejenisnya, yang aku tahu aku jawab yang nggak tahu ya nggak di jawab dari pada -1 nya kebanyakan  mending di kosongi saja, iya toh? Trus mana ada jawaban jebakannya lagi, jadi yan mesti hati-hati dalam menjawab kaya’ mis : e. Semua jawaban benar/salah  jawaban seperti ini bisa saja benar bisa juga jebakan karena hampir semua soal jawaban seperti ini selalu ada. Aku hanya mampu mengerjakan 40 soal dari 50 soal 10 nomor aku biarkan kosong, rata-rata yang kosong adalah soal hitungan.  Waktu tes akademik pun berakhir, lanjut ke tes berikutnya.
Tes Bahasa Inggris
Mana panas, tangan pegel dan mesti lanjut ke tes berikutnya....? aduuuuuuuu capek, tapi jangan menyerah dan terus berjuang.
Kertas soal dan jawaban dibagikan, waktu yang diberikan sama seperti pada tes akademik yakni 1 jam/ 60 menit. Tesnya berupa reading ada wacana2 yang diberikan dan kita diminta menjawab berdasarkan wacana2 tersebut. Kalo nggak salah sih ada 4 wacana jadi setiap wacananya tu ada 10 soal, trus ada juga tentang isi surat soalnya juga 10  jadi totalnya pas 50 soal.
Tes bahasa inggrisnya menurutku terbilang susah sih banyak kata-kata yang aku nggak ngerti maksudnya apa. Kalo kata orang yang pernah ikut tes yang serupa katanya tes ini adalah Tes Toefl, tapi ya aku optimis aja bisa mengerjakannya, dan mengisi semua jawabannya karena dalam tes ini kalo salah tak -1 dan kalo benar tak +4. Tes pun berakhir, kami mengakhirinya dengan doa dan pulang kerumah menuggu hasil tes beberapa jam kemudian.
Sekitar jam 6 sore aku mendapat kabar dari teman dan kakak ku kalo aku lulus dalam tes ini dan berhak ikut tes psikotes esok harinya. Padahal aku tak begitu yakin dengan tes BING tersebut tapi Allamdullillah senang rasanya mendegar kabar itu harapan untuk dapat keterima menjadi pegawai PLN pun semakin besar.
4.     Tes Psikotes

Aku bersyukur sekali bisa sampai pada tahap ini. Pada tahapan ini peserta yang lulus sebanyak 84 orang dan diadakan pada tanggal 22 April 2015 di SPN. Waktu pelaksanaan sedikit berbeda dengan hari tes yang sudah sudah yakni dimajukan 1 jam lebih awal yaitu jam 8 pagi, mengingat tes yang akan diadakan cukup banyak dan cukup menguras tenaga dan pikiran peserta. O...ya tuk ingikut tes ini malamnya kalian nggak boleh begadang dan paginya wajib, ingat wajib sarapan pagi. Ok ! kalo kalian nggak ngikut saran aku, kalian bakalan tahu efeknya pas mengerjain tes nya. soalnya menguras pikiran dan ketahanan tubuh pun diuji.

Dalam tes psikotes ini di bagi 4 tes diantara :

1.     Tes kepribadian

Tes ini seputar kepribadian kamu sih, jawabnya jujur saja apa adanya kamu, nggak sulit kok kita hanya diminta memilih A atau B sesuai dengan pribadi kita. Mis :
A.     Saya lebih suka menulis cerita dan baca buku
B.    Saya lebih suka jalan-jalan dan bercengkrama bersama teman-teman

Dari 2 soal ini kamu tinggal milih kamu lebih kemana A atau B trus diisi deh dilembar LJK. Waktu itu ada sekitar 200 lebih nomor yang harus diisi, gilaaa nggak tuh pegel pegel dah tu tangan.......
Selepas tes aku curi curi waktu buat minum, abis haus banget coyyy.

2.     Tes Pauli/ tes koran

Orang-orang sering menyebut tes ini dengan tes koran, kenapa ? Coz kertas yang digunakan suangaaaaaaaaaaaaaaaat besar seukuran kertas koran maka dibilangnya tes koran deh. Tes ini digunakan untuk menguji ketelitian, kecepatan menyelesaikan soal dan kosentrasi dalam hal kekuatan dan ketahanan menyelesaikan soal.  sebenarnya nggak sulit sih yang terpenting dalam tes ini adalah kosentrasi dan fokus yang tinggi dan stamina yang prima saat mengerjakannya.

Pas mengerjakan soal ini kosentrasi aku agak buyar sih, mana panas berkeringat pula, mesti mikir atau lap keringat, secara aku duduknya dekat jendela dan hanya berjarak beberapa centimeter dengan cahaya matahari secara suhu kota Kupang saat itu gillaaa panas parah ... mana malamnya aku pake acara begadang segala jadi staminaku juga kurang mendukung saat itu....aggggkkk

Ya aku coba mengerjakan semaksimal mungkin dan berharap pertolongan dari yang Maha Kuasa. Pas sampai pada tes ini aura kompetisi terasa banget ditambah suara suara kertas yang dibuat para peserta, kita jadi termotivasi untuk mengejar mereka melirik depan samping kiri kanan, tapi aku saranin kalian harus tetap fokus yee jangan terpengaruh dengan suara2  yang ada dan jangan coba2 melirik sana sini ingat TETAP FOKUS ok!
Lanjuuuut.....

3.     Tes Menggambar pohon

Pada tes ini kami diminta untuk menggambar Pohon dalam waktu sekitar 5 menit menggunakan pensil HB. Tes ini bertujuan untuk melihat kepribadian kita, apakah kita ego, emosional, peka atau tidak, sikap dan adaptasi. Waktu itu aku sih gambar pohon Nangka berhubung dirumah ada pohon Nangka heheh...

Dari buku psikotes yang aku baca, syarat menggambar pohon itu :
1.     Pohon berkayu, berkambium, dan berdahan banyak seperti nangka, rambutan, jambu, atau mangga
2.     Jangan menggambar pohon kelapa, pisang atau cemara
3.     Gambarlah secara detail di tiap bagian pohon, seperti pada tangkai, bentuk daun, kerapatan daun, buah, akar bahka alur pohon, beri nama pohon di bawah gambar
4.     Gambar harus proposional


4.     Wartegg Tes

Pada tes ini kami diminta melengkapi gambar yang terdapat didalam kotak. Ada 8 kotak yang tersedia, 4 kotak berupa garis lurus dan empat lainnya berupa garis lengkung. Kalian bisa shearcing di om google tentang tes ini. Gara-gara latihan tes ini aku jadi lupa waktu dan sampai begadang deh, efeknya pas ngerjain soal tes koran jadi nggak kosent. N kurang maksimal deh. Ummm L

Tes pada hari itu pun selesai, panitia menyuruh kami untuk mempersiapkan diri menghadapi tes fisik, nggak boleh rokok n minum alkohol (buat yang ngerasa pria), nggak boleh begadang, nggak boleh makan-makanan yang berlemak maupun yang berminyak,
Istirahat yang cukup, banyak minum air putih dan berolahraga.

Yaaa semuanya pasti patuh pada instruksi tersebut sambil menunggu hasil tes, aku tiap pagi selepas sholat shubuh rajin jogging, olahraga ringan, trus menghindari tumis-tumisan, hanya makan sayaur yang direbus doang, nggak makan yang bersantan ataupun yang digoreng, minum air putih banyak. Bener-bener aku ngejaga pola makan ku.  2 minggu waktu  berlalu aku tetap menjaga pola makan ku dan terus berolahraga. Hingga tiba..........................

Hari itu hari sabtu, 9 Mei 2015 pas lagi gunting pola baju, Hp aku berdering tanda sebuah pesan mampir ke kotak masuk dan itu dari kakak aku,  “noni PLN su pengumuman lu sonde lulus, ya coba di lain tempat sa”. Kayak di sambar petir, seketika jadi bengong sendiri merenung ya Allah hamba harus mengalami hal seperti ini lagi?
Dan hati ini serasa meluncur dari ketinggian 20 meter tau sendiri rasanya nggak enak banget.  Aku masih nggak percaya benar nggak sih 2x, aku sudah berusaha tapi hasilnya masih seperti ini lagi oh...tidaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak ya Allah kuatkan aku untuk menerima kenyataan yang pahit ini. Menyakitkan memang, kegagalan kali ini lebih lebih  lebih menyakitkan dari pada kegagalan sebelumnya, kalo kata Alm. Olga :
Hancur hancur hancur hati ku
Hancur hancur hancur hati ku
Aduh duh duh
Karena masih nggak percaya sama pesan dari kakakku, Aku coba lihat hasilnya lagi dan benar aku tak lulus, pupus sudah harapanku tuk menjadi pegawai PLN... L  bersabar sa, masih ada kesempatan lain yang menunggu ( coba menguatkan diri sendiri).
Adek aku tahu dari kakakku kalo aku tak lulus, dan malah ledekin aku “hahahahahahahahaha(ketawa puas) kasian e...su lari pagi terus e....on lulus”. Kesel juga diledekin kaya’ gitu dan pengen nangis juga kecewa ama diri sendiri.  :(

Peserta yang lulus sebanyak 42 orang berarti setengah bagiannya gagal termasuk aku. Karena sudah tahu hasilnya, aku kembali ke kebiasaan awal yakni begadang sampe jam 10.30 malam, makan goreng-gorengan dan olahraga pagi pun ogah-ogahan...

 Walau aku nggak berhasil ke tahap selanjutnya, aku tetap bersyukur bisa merasakan mengikuti tes hingga ke tahap tes psikotes, mengalahkan ratusan orang dan ku jadikan pelajaran yang berharga untuk menghadapi tes yang serupa di kemudian hari.

5.     Tes Fisik
Walau aku tak sampai pada tahap ini, aku akan paparkan mengenai tes ini berdasarkan pengalaman orang2 yang pernah mengikuti tes ini, yang pernah aku baca di blog mereka. Katanya pada tahap ini tu peserta di suruh lari, sit up, trus periksa telinga(tuli apa nggak), mata (buta warna atau nggak), periksa mulut, intinya menyangkut dengan fisiklah.

6.     Tes labolatorium dan penunjang
Kalo udah berbicara menyangkut labolatorium, pasti semuanya udah pada ngertikan??? Pada tes ini pasti ambil darah buat  cek kolesterol, cek asam uratlah, cek kadar gula dalam darahlah, cek saraf(masih normal apa nggak), intinya tes-tes yang berkaitan dengan labolatoriumlah,,,,aku juga belum pernah merasakan tes ini jadi masih abu-abulah pemahamnku.

7.     wawancara
semua orang yang mencari kerja atau yang udah pernah diwawancarai kerja  pasti tahu tahap ini kan nggak usah aku jelasin ya kan udah pada ngerti! Hanya saja kalo di PLN tu peserta diberi kesempatan tuk nanya balik ke pewawancara dan nanti pewawancara akan menjawab pertanyaan dari peserta.
Jika semua tahapan berhasil lulus maka tinggal nunggu diklat dan prajabatan aja tu trus resmi deh jadi pegawai PLN.
Aku rasa sekian dulu ya, thx banget udah mau mampir kemari. Buat yang lulus (menjadi pegawai PLN) selamat ya n sukses slalu buat kalian.
o...ya aku mohon doanya agar tahun (2015) ini aku mendapat pekerjaan (yang layak) Aamiin ya robb.

Kamulah Yang Terbaik Untuk Ku #5

5.                  Dirimu mengalihkan Duniaku Minggu pagi yang Cerah ceria. Tetesan embun membasahi dedaunan, kicauan merdu burung-...