Sunday, 15 January 2017

PERSEKUTUAN KOMANDITER ATAU CV



TUGAS EKONOMI

NAMA              :   NUR JANNAH DAIMAN
NIM                  :   1023742782
JURUSAN        :   D3 ADMINISTRASI BISNIS 2A
DOSEN WALI  :   INDAHWATI  J  NINO,SE,MM
TAHUN             : 2011

SOAL.
1.      Apa itu CV ?
2.      Sebutkan syarat-syarat berdirinya CV !
Jawaban
·         Persekutuan komanditer
1.      Istilah persekutuan komanditer berasal dari bahasa Belanda, Commanditaire Vennotschaap atau CV. Persekutuan Komanditer adalah persekutuan yang terdiri atas beberapa pengusaha seorang atau lebih hanya turut serta menanamkan modal sebagai persero diam.
Pengusaha atau pemiliki CV menjadi pimpinan atas perusahaan tersebut dan bertanggung jawab atas kelangsungan hidup perusahaan. Para penanam modal dalam CV hanya sebagai persero diam.
Berdasarkan uraian di atas, didalam persekutuan komanditer terdapat 2 anggota atau pemegang saham yaitu anggota (persero)  aktif dan anggota (persero) pasif.
*      Anggota aktif /persero aktif ( megaging partner )
Anggota/ persero yang bertugas memimpin,mengurus, megelola, mengawasi dan bertanggung jawab atas maju mundurnya perusahaan. Anggota/persero ini disebut pengusaha yang memegang pimpinan perusahaan dan bertanggung jawab penuh atas jalannya perusahaan. Selain memasukkan modal pada perusahaan, persero aktif juga bertanggung jawab penuh atas utang-utang perusahaan dengan seluruh harta bendanya,baik harta benda yang ditanamkan pada perusahaan maupun harta benda lainnya.
*      Anggota  pasif /persero komanditer ( sleeping partner)
Persero/anggaota yang hanya berperan memasukkan modalnya pada perusahaan dengan mengharapkan bunga atau bagian keuntungan CV atau disebut diven. Persero atau anggota jenis ini tidak diperkenankan ikut campur dalam usaha yang dilakukan perusahaan( CV ) oleh persero aktif. Apabila perusahaan menderita rugi atau gukung tikar/bangkrut, persero pasif bertanggung jawab terbatas pada modal yang di tanam.
Ada beberapa jenis persekutuan komanditer (CV) yaitu sebagai berikut :
*      Persekutuan komanditer murni : persekutuan yang hanya terdiri dari seorang sekutu aktif dan yang lainnya sekutu pasif.
*      Persekutuan komanditer campuran : persekutuan yang terdiri atas beberapa sekutu aktif dan beberapa sekutu pasif.
*      Persekutuan komanditer bersaham : persekutuan yang mengeluarkan surat-surat berharga atau saham-saham , baik sekutu aktif maupun sekutu pasif mengambil satu atau lebih saham yang dijual.
Sehubungan dengan tugas, Tanggung jawab dan peran sekutu/anggota, dikenal berbagi macam sekutu yaitu sebagai berikut
*      General partner : sama dengan sekutu aktif atau sekutu pemelihara yang bertanggung jawab penuh terhadap pihak ketiga dan turut memimpin perusahaan.
*      Silent partner : sekutu yang tidak turut aktif dalam menjalankan kegiatan persekutuan, tetapi dikenal umum sebagai sekutu dalam persekutuan (perusahaan).
*      Secret partner : sekutu yang turut aktif kegiatan persekutuan walaupun ia tidak diketahui umum sebagai sekutu dalam persekutuan (perusahaan).
*       Sleeping partner : sekutu yang tidak turut dalam kegiatan perusahaan dan tidak dekenal umum sebagai sekutu dalam persekutuan.
2.      Persekutuan komanditer didirikan dari badan usaha perseorangan maupun firma. Jika badan usaha perseorangan atau firma ingin mengembangkan usaha sehingga memerlukan tambahan modal dan tidak menghendaki kepemimpinananya dicampuri orang lain, maka diterbitkan surat sero atau saham yang kemudian dijual kepada masyarakat yang membutuhkan.
Syarat-syarat berdirinya CV :
*      Mensyratkan pendirian oleh 2 orang dengan menggunakan akta Notaris yang berbahasa Indonesia. Seiring perkembangan zaman, pendirian CV mengharuskan menggunakan Akta Notaris, namun dalam Kitab Undang-Undang Hukum dagang dinyatakan bahwa pendirian CV tidak mutlak harus dengan akta Notaris

No comments:

Post a Comment

Kamulah Yang Terbaik Untuk Ku #5

5.                  Dirimu mengalihkan Duniaku Minggu pagi yang Cerah ceria. Tetesan embun membasahi dedaunan, kicauan merdu burung-...